Kunci Jawaban Lembar Aktivitas 6 Halaman 23 Tahapan Penambangan IPS SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka

kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Lembar Aktivitas 6 Halaman 23 Tahapan Penambangan IPS SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka.

Lembar Aktivitas 6

1. Kerjakanlah tabel aktivitas individu di bawah ini.

2. Carilah sumber-sumber yang relevan untuk mengerjakannya.

3. Isikanlah tabel yang rumpang dengan baik dan benar.


4. Tukarkan hasil pekerjaanmu dengan temanmu.

5. Simpulkan bersama-sama teman sekelas.

Jawaban:

Tahapan Penambangan

a. Prospeksi

Penjelasan:

Prospeksi merupakan kegiatan mencari untuk menemukan mineral berharga atau endapan bahan galian tambang.

Tahap prospeksi ini memiliki dua metode, yakni metode langsung dan metode tidak langsung.

Metode langsung merupakan pengamatan geologi fisik, sementara itu metode tidak langsung berupa geofisika, geokimia, fotogrametri, dan satelit.

Kegiatan prospeksi ini membutuhkan dukungan data berupa studi literatur, peta geologi, dan data dari tambang lama yang sudah beroperasi.

Jika pada tahap ini tidak penambang temukan adanya cadangan bahan galian yang berprospek, maka kegiatan harus penambang hentikan.

b. Eksplorasi.

Penjelasan:

Eksplorasi adalah melakukan kegiatan  setelah prospeksi atau setelah menemukan endapan bahan galian .

Eksplorasi merupakan kegiatan untuk mengatur ukuran, bentuk, posisi, kadar rata-rata dan besarnya cadangan endapan bahan galian atau mineral setelah menemukannya.

Selanjutnya melalui tahapan eksplorasi, kita bisa mengetahui dan mengenali seluruh komponen ekosistem yang ada sebelumnya. Tahapan eksplorasi secara umum ada dua jenis, yakni eksplorasi awal atau pendahuluan dan eksplorasi detail.

Dalam tahap eksplorasi awal, memerlukan tingkat ketelitian yang masih sangat kecil, menggunakan studi literatur serta survei dan pemetaan. Setelah sudah melakukan tahap ekplorasi awal dan ditemukan prospek yang baik, maka meneruskan ketahapan eksplorasi yang mendetail.

Kegiatan utama dalam tahap ini adalah sampling dengan jarak yang lebih dekat dan kemudian melanjutkannya dengan studi kelayakan.

c. Eksploitasi

Penjelasan:

Eksploitasi merupakan penambangan dengan pengambilan dan pengangkutan endapan galian atau mineral.

Penambang akan membawa bahan galian itu  ke tempat penimbunan dan pengolahan/pencucian, bahkan terkadang sampai dengan pemasaran.

Eksploitasi bahan galian ini terbagi atas tiga bagian, yakni tambang terbuka, tambang bawah tanah, dan tambang bawah air.

1)  Tambang terbuka adalah kegiatan eksploitasi yang berhubungan langsung dengan udara luar.

2) Tambang bawah tanah adalah kegiatan eksploitasi yang tidak berhubungan langsung dengan udara luar.

3) Tambang bawah air adalah kegiatan eksploitasi di bawah air yang dilakukan untuk endapan bahan galian alluvial, marine dangkal, dan marine dalam.

d. Pengelolaan

Penjelasan:

Melakukan pengelolaan bermaksud untuk memurnikan atau meningggikan kadar bahan galian. Caranya dengan memisahkan yang berharga dan tidak berharga. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan harga jual dan untuk mengurangi volume serta ongkos angkut.

Jika bahan galian sudah selesai diolah, maka hasil tambang itu akan dipasarkan ke tempat konsumen. Selanjutnya lakukan tahapan reklamasi yang merupakan kegiatan rahabilitasi kembali lingkungan yang rusak akibat penambangan. Tujuannya agar lahan bekas penambangan dapat bermanfaat kembali bagi sektor lain seperti pertanian, perumahan penduduk, dan kawasan wisata.

 

Disclaimer:

Kunci jawaban pada unggahan kontenjempolan tidak mutlak kebenarannya dan unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

Demikian pembahasan IPS SMP Kelas 8 halaman 23 Lembar Aktivitas 6, Tahapan Penambangan. Untuk mendapatkan pembahasan Soal latihan Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran lainnya dapat diakses melalui kontenjempolan.id.

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Kunci Jawaban Lembar Aktivitas 6 Halaman 23 Tahapan Penambangan IPS SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka yang dipublish pada 03/18/2023 di website Konten Jempolan

Artikel Terkait