Kunci Jawaban Lembar Aktivitas 5 Halaman 240 Pembangunan Ekonomi Pada Masa Orde Baru IPS SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka

kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Lembar Aktivitas 5 Halaman 240 Pembangunan Ekonomi Pada Masa Orde Baru IPS SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka.

Lembar Aktivitas 5

Carilah artikel tentang pembangunan ekonomi pada masa Orde Baru. Kemudian jawablah pertanyaan berikut ini pada buku tugasmu!

1. Program apa saja yang menjadi unggulan pembangungan ekonomi pemerintah masa Orde Baru?

Jawaban:

Pada masa ini, fokus program ekonomi pemerintahan lebih banyak pada upaya penyelamatan ekonomi nasional, terutama inflasi, keuangan negara, dan kebutuhan pokok rakyat. Selanjutnya dalam programnya pemerintahan Orde Baru menetapkan dua kebijakan ekonomi, yakni jangka panjang dan jangka pendek. Salah satu kebijakan yang terkenal pada masa itu yaitu kebijakan transmigrasi.

Program transmigrasi sudah berjalan sejak masa kolonial dan berlanjut hingga pascakemerdekaan. Transmigrasi pada masa Orde baru tidak semata untuk pemerataan jumlah penduduk ke luar Jawa tetapi juga untuk mencapai swasembada pangan serta meningkatkan perekonomian negara.

Upaya lain yang pemerintah  lakukan untuk penyelamatan ekonomi negara adalah melalui program jangka pendek dan jangka panjang.

a. Program Jangka Pendek

Presiden Soeharto pada awal pemerintahannya berhadakan pada masalah yang cukup sulit dalam bidang ekonomi. Berbagai permasalahan terjadi seperti inflasi yang mencapai 650% berakibat melonjaknya harga-harga kebutuhan. Selain itu alat-alat produksi mengalami kerusakan terutama di sektor pertanian. Selanjutnya permasalahan tersebut berakibat pada kurangnya tingkat kesejahteraan masyarakat Indonesia. Rehabilitas dan stabilitas ekonomi menjadi kebijakan awal pemerintahan Orde Baru dalam memulihkan kondisi tersebut. Rehabilitas maksudnya perbaikan fisik terhadap prasarana-prasarana dan alat produksi. Dan stabilitas bermaksud untuk pengendalian inflasi supaya harga tidak melonjak terus menerus.  Selanjutnya untuk lebih jelas bagaimana kebijakan jangka pendek pemerintahan Orde Baru, perhatikan tabel dibawah ini!

Program stabilitas dan rehabilitas ekonomi yang pemerintahan Orde Baru lakukan menumbuhkan hasil yang cukup baik. Tingkat inflasi semula mencapai 650% berhasil ditekan menjadi 120 pada tahun 1969. Selanjutnya kerusakan sarana prasaran mulai pemerintah perbaiki dan mulai teremajakan. Pemerintah Orde Baru siap melaksanakan program jangka panjang khususnya dibidang pertanian.

b. Program Jangka Panjang

Pada 1 April 1969, pemerintah menciptakan landasan untuk pembangunan yang disebut sebagai Rencana Pembangunan Lima Tahun (Repelita). Repelita I (1969) tersebut fokus pada rehabilitasi prasarana penting dan pengembangan iklim usaha dan investasi. Repelita II (1974-1979) dan Repelita III (1979-1984) fokus pada pencapaian pertumbuhan ekonomi, stabilitas nasional, dan pemerataan pembangunan dengan penekanan pada sektor pertanian dan industri yang mengolah bahan mentah menjadi bahan baku. Fokus Repelita IV (1984-1989) dan Repelita V (1989-1994), selain berusaha mempertahankan kemajuan di sektor pertanian, juga mulai bergerak menitikberatkan pada sektor industri khususnya industri yang menghasilkan barang ekspor, industri yang menyerap tenaga kerja, industri pengolahan hasil pertanian, dan industri yang dapat menghasilkan mesinmesin industri.

2. Faktor apa yang menjadi penyebab keberhasilan kebijakan ekonomi pada masa Orde Baru?

Jawaban:

Beberapa Faktor utama penyebab keberhasilan kebijakan ekonomi pada masa Orde Baru, yakni sebagai berikut.

a. Kemauan politik yang kuat Presiden Soeharto memiliki kemauan politik yang kuat untuk membangun ekonomi Indonesia. Pada masa Orde Lama, mungkin karena Indonesia baru saja merdeka . emosi nasionalisme baik dari pemerintah maupun kalangan masyarakat masih sangat tinggi, dan yang ingin menonjolkan dirinya pertama kepada kelompok negara-negara se Barat adalah kebesaran kebesaran bangsa” dalam bentuk kekuatan militer dan pembangunan proyek-proyek mercusuar.

b. Stabilitas politik dan ekonomi Pemerintahan Orde Baru berhasil dengan baik menekan tingkat inflasi dari sekitar 500% pada tahun 1966 menjadi hanya sekitar 5% hingga 10% pada awal dekade 19701-an. Pemerintahan Orde Baru juga berhasil menyatukan bangsa dan kelompok-kelompok masyarakat dan meyakinkan mereka, bahwa pembangunan ekonomi dan sosial adalah jalan satu-satunya agar kesejahteraan masyarakat di Indonesia dapat meningkat.

c. Sumber Daya Manusia (SDM) yang lebih baik Dengan SDM yang semakin baik pemerintahan Orde Baru memiliki kemampuan untuk menyusun program dan strategi pembangunan dengan kebijakan-kebijakan yang terkait, serta mampu mengatur ekonomi makro secara baik.

d. Sistem politik dan ekonomi terbuka yang berorientasi ke Barat Pemerintahan Orde Baru menerapkan sistem politik dan ekonomi terbuka yang berorientasi ke Barat. Hal ini sangat membantu, khususnya dalam mendapatkan pinjaman luar negeri, penanaman modal asing, dan transfer teknologi serta ilmu pengetahuan.

e. Kondisi ekonomi dan politik dunia yang lebih baik Selain oil boom, juga kondisi ekonomi dan politik dunia pada era Orde Baru, khususnya setelah perang Vietnam berakhir atau lebih lagi setelah perang dingin berakhir, jauh lebih baik dari pada semasa Orde Lama.

3. Mengapa ekonomi Orde Baru mengalami kemunduran pada akhir periode?

Jawaban:

Karena suatu proses transformasi ekonomi yang pesat dan laju pertumbuhan ekonomi yang tinggi menggunakan biaya ekonomi tinggi, dan fundamental ekonomi yang rapuh. Hal ini dapat kita lihat antara lain pada buruknya kondisi sektor perbankan nasional dan semakin besarnya ketergantungan Indonesia terhadap modal asing, termasuk pinjaman dan impor. Ini semua akhirnya membuat Indonesia terjadi suatu krisis ekonomi yang besar yang berawal dari krisis nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada pertengahan tahun 1997.

Beberapa faktor penyebab runtuhnya orde baru di bidang ekonomi

a. Krisis Moneter

Krisis keuangan merupakan faktor terpenting yang menjadi sebab rezim orde baru mengalami keruntuhan, Krisis ini pertama kali melanda wilayah Asia Timur sekitar juli 1997. Yang menyebabkan terjadinya kepanikan global. Dalam sejarah ASEAN, Thailand merupakan negara pertama yang mengalami krisis keuangan hingga hampir disebut sebagai negara bangkrut. Akibat yang timbul dari krisis tersebut menyebabkan pelemahan dalam berbagai sektor keuangan termasuk di Indonesia.

Sebelumnya tak ada indikasi krisis tersebut akan sampai ke Indonesia, ini karena inflasi yang cukup rendah, devisa negara yang terasa masih cukup besar dan karena nilai surplus berada bekisar USD 900 juta. Perkembangan dunia usaha pun masih stabil karena banyaknya investor yang menanamkan modalnya di Indonesia. Krisis yang menghantam Thailan dan membuat mata uangnya merosot tajam, tak pelak ini pun ikut mengguncang perekonomian di Indonesia.

Sekitar juli 1997 nilai tukar rupiah yang turun dari angka Rp 2.575 per USD menjadi Rp 2.603 per USD. Justru merosot tajam di angka Rp 5.000 per USD pada akhir desember, dan justru sangat terpuruk tajam di angka Rp 16000 per USD pada maret 1998. Ini membuat seluruh masyarakat di indonesia dan seluruh penanam modal merasa panik yang akhirnya membuat mereka menarik semu saham yang telah ditanam di Indonesia. Keadaan ekonomi yang kacau menyebabkan masalah dimana-mana stabilitas nasional sungguh terguncang dan kacau.

b. Utang Luar negeri

Ditengah perekonomian yang terjadi krisis, utang dari luar negeri yang  Indonesia miliki semakin memperparah kondisi keuangan Indonesia. Walaupun sesesungguhnya utang tersebut bukanlah utang pemerintah saja namun juga utang yang pihak swasta miliki. Utang Indonesia hingga 6 februari 1998 mencapai USD 63,462 milliar, sedangkan utang yang pihak swasta miliki mencapai USD 73,962 milliar.  Selanjutnya dengan melemahnya mata uang rupiah terhadap dollar Amerika akibat krisis yang melanda Asia Pasifik, utang luar negeri yang pemerintah Indonesia miliki kebanyakan menggunakan mata uang tersebut semakin memperburuk keadaan ekonomi Indonesia dan terjebak alam putaran utang yang seolah tak ada habisnya.

4. Presentasikan hasil kerjamu di hadapan teman-temanmu

 

Disclaimer:

Kunci jawaban pada unggahan kontenjempolan tidak mutlak kebenarannya dan unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

Demikian pembahasan IPS SMP Kelas 8 halaman 240 Lembar Aktivitas 5, Pembangunan Ekonomi Pada Masa Orde Baru. Selanjutnya untuk mendapatkan pembahasan Soal latihan Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran lainnya dapat diakses melalui kontenjempolan.id.

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Kunci Jawaban Lembar Aktivitas 5 Halaman 240 Pembangunan Ekonomi Pada Masa Orde Baru IPS SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka yang dipublish pada 03/15/2023 di website Konten Jempolan

Artikel Terkait