Kunci Jawaban Aktivitas Matematis Halaman 181 Melukis Garis Sudut dan Bangun Datar Matematika SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka
kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Aktivitas Matematis Halaman 181 Melukis Garis Sudut dan Bangun Datar Matematika SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.
[Aktivitas Matematis]
Q. Seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini, ditemukan bagian piring porselin yang berbentuk lingkaran. Bagaimana cara untuk melukiskan bentuk aslinya? Perhatikan bahwa keliling piring merupakan busur, kemudian pikirkan bagaimana melukis lingkaran awalnya.
Jawaban:
Saat mencari pusat lingkaran, hal pertama yang dibayangkan siswa adalah melipat cermin perunggu dari ujung ke ujung dan melipatnya menjadi dua untuk membuat garis lipatan (seperti yang dialami di Q di halaman 169). Dapat diperkirakan bahwa pusat lingkaran berada di garis lipatan, tetapi selanjutnya kita harus memutuskan ada di posisi mana pada garis. Jika gagasan bahwa garis lipatan kedua diperlukan untuk tujuan itu muncul, maka dapat dihubungkan dengan metode menggambar 1.
1. Rani melukis menggunakan proses berikut ini.
(1) Ambil tiga titik A, B, dan C pada keliling piring.
(2) Lukiskan garis l yang merupakan garis sumbu dari segmen garis AB.
(3) Lukiskan garis m yang merupakan garis sumbu dari segmen garis BC.
(4) Titik potong antara m dan l dinamai O. Lukis lingkaran dengan titik pusat O dan jari-jari OA.
Cobalah cara melukis Rani, kemudian periksalah apakah lingkaran aslinya dapat dilukis dengan cara tersebut.
Jawaban:
Di sini, membaca langkah 1~4 dengan benar dan melakukan proses melukis. Untuk mencari pusat lingkaran, dapat dilakukan dengan menggambar dua garis garis sumbu, oleh karenanya, boleh juga mengambil 4 titik A~D dan membuat 2 busur seperti pada gambar di sebelah kanan.
2. Jelaskan mengapa lingkaran aslinya dapat dilukiskan menggunakan cara Rani.
(1) Yudi menggunakan sifat yang telah dipelajari di halaman 169, yaitu “garis sumbu suatu tali busur pasti melalui titik pusat lingkaran.
Titik A, B, dan C berada pada keliling lingkaran asli, maka segmen garis AB dan BC merupakan tali-tali busur lingkaran.
Jika saya melukis l (yaitu garis sumbu dari AB), maka l melalui titik pusat lingkaran. Kemudian, saya membentuk ( )dari tali busur BC, ( ). Dari hasil di atas, titik potong l dan m merupakan ( )
Jadi, saya dapat melukis lingkaran menggunakan titik ( ) sebagai pusat lingkaran, dan ( ) sebagai jari-jarinya.
Bacalah penjelasan Yudi di atas, dan isilah ( ) menggunakan kata-kata atau huruf yang cocok. Jelaskan juga kepada teman-temanmu menggunakan kalimatmu sendiri.
Jawaban:
Secara berurutanGaris sumbu m,
m melewati pusat lingkaran,
menjadi pusat lingkaran asal,
O, OA
(2) Yudi berpikir untuk menggunakan sifat-sifat yang telah dipelajari di halaman 175. Sifat tersebut adalah “titik-titik yang berjarak sama dari titik A dan B berada pada garis sumbu pada segmen garis AB “. Maka dia juga dapat menjelaskan proses melukis yang dilakukan Rani. Jelaskan bagaimana cara yang diajukan Yudi.
Jawaban:
Penjelasan
Jika lingkaran atas diandaikan sebagai O, karena dua titik A dan B berada pada lingkar lingkaran O, maka O berada pada jarak yang sama dari A dan B. Dengan kata lain, O berada pada bisektor tegak lurus segmen garis AB yaitu l.
Sama dengan itu, Karena dua titik B dan C adalah titik yang berada pada lingkaran O, maka O berada pada jarak yang sama dari B dan C. Dengan kata lain, O berada pada garis sumbu segmen garis BC yaitu m.
Dari penjelasan di atas, maka titik perpotongan l dan m adalah pusat lingkaran asal, yaitu O. Oleh karenanya, buat lingkaran dengan jari-jari OA dengan O sebagai pusatnya.
Disclaimer:
Kunci jawaban pada unggahan kontenjempolan tidak mutlak kebenarannya dan unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama
Demikian pembahasan Matematika Kelas 7 SMP halaman 181 Aktivitas Matematis,Melukis Garis Sudut dan Bangun Datar. Untuk mendapatkan pembahasan Soal latihan Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran lainnya dapat diakses melalui kontenjempolan.id.