Kunci Jawaban Soal Penggunaan Bilangan Positif dan Negatif Halaman 50 Bilangan Bulat Matematika SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka
kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Soal Penggunaan Bilangan Positif dan Negatif Halaman 50 Bilangan Bulat Matematika SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.
Penggunaan Bilangan Positif dan Negatif
Mempelajari bagaimana menggunakan bilangan positif dan negatif pada dunia nyata dan kehidupan sehari-hari.
Q. Sebuah uji kebugaran telah Anak-anak lakukan di Sekolah Menengah Pertama Harapan Bangsa. Berikut ini tabel yang menyajikan lompatan terjauh dari empat anak. Berdasarkan tabel tersebut, hitunglah rata-rata lompatan empat anak tersebut.
Tabel Data Loncatan Terjauh
Jawaban:
Dari data berikut (181 + 208 + 169 + 194) ÷ 4 = 188, rata-rata lompatan empat anak tersebut adalah 188 cm.
Rata-rata sama dengan jumlah total nilai dibagi banyaknya nilai.
1. Berdasarkan , Toni mengamati bahwa data keempat anak tersebut lebih dari 150 cm. Dia menyusun kalimat matematika untuk menentukan rata-rata data lompatan. Diambil 150 cm sebagai titik acuan.
Kalimat matematika: 150 + (31 + 58 + 19 + 44) : 4
Jelaskan arti kalimat matematika Toni di atas. Hitunglah rata-rata menggunakan cara tersebut. Selanjutnya periksa apakah hasilnya sama dengan hitungan menggunakan rumus yang diberikan di Q .
Jawaban:
catatan empat orang direpresentasikan dengan angka positif relatif terhadap 150 cm, hitung rata-rata, kemudian tambahkan ke referensi 150 cm.
150 + (31 + 58 + 19 + 44) : 4 = 150 + 152 : 4
= 150 + 38 = 188 (cm)
2. Hasan menyusun kalimat matematika untuk menghitung rata-rata data lompatan dengan menetapkan datanya sendiri 194 cm sebagai titik acuan. Isilah ( ) dengan kalimat matematika yang sesuai, kemudian hitunglah rata-ratanya.
Kalimat matematika: 194 + ( ) : 4
Jawaban:
194 + ( -134 + 14 – 25 + 0 ) : 4 = 194 + (-24) : 4
= 194 – 6 = 188 (cm
3. Berdasarkan Q di halaman sebelumnya, titik manakah yang kita jadikan titik acuan agar lebih mudah dalam menghitung rata-rata? Selanjutnya tentukan titik acuanmu sendiri, kemudian hitunglah rata-rata dengan menggunakan acuan tersebut.
Jawaban:
190 cm sebagai acuan
190 + (-9 + 18 -21 + 4) : 4 = 190 + (-8) : 4
= 190 – 2= 188 (cm)
4. Tabel di samping ini menunjukkan data kecepatan lari 50 m dengan peserta 12 anak perempuan di kelas Marni. Selanjutnya tentukan titik acuan, kemudian hitung rata-ratanya.
Jawaban:
9,0 detik sebagai acuan
9,0 + 0,1 – 0,3 – 0,5 + 0,5 + 0
-0,4 – 0,7 – 0,2 + 0,2 + 0,1
-0,3 + 0,3 : 12 = 9,0 + (-1,2) : 12
= 9,0 – 0,1 = 8,9 detik
5. Berdasarkan yang telah kita pelajari dari 1 sampai dengan 4 , selanjutnya buatlah rangkuman bagaimana kita memudahkan dalam menghitung rata-rata.
Jawaban:
a. Permudah penghitungan dengan menentukan nilai standar.
b. Untuk menjaga jumlah sekecil mungkin, sarankan untuk menetapkan nilai standar sehingga bilangan positif dan negatif muncul dengan tepat.
Disclaimer:
Kunci jawaban pada unggahan kontenjempolan tidak mutlak kebenarannya dan unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama
Demikian pembahasan Matematika Kelas 7 SMP halaman 50 Penggunaan Bilangan Positif dan Negatif, Bilangan Bulat. Untuk mendapatkan pembahasan Soal latihan Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran lainnya dapat diakses melalui kontenjempolan.id.