Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 89 Laporan Wawancara Kuat untuk Melindungi Kurikulum Merdeka

Kontenjempolan.id – Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 89 Laporan Wawancara Kuat untuk Melindungi Kurikulum Merdeka. Hai Adik-adik! Kali ini Kontenjempolan.id akan membahas Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 89 Laporan Wawancara Kuat untuk Melindungi Kurikulum Merdeka.

Kuat untuk Melindungi

oleh Nurul Hidayati

Kak Puspita adalah seorang pesilat tangguh. Dia telah banyak meraih gelar juara di pertandingan tingkat nasional maupun provinsi. Berikut ini hasil wawancara saya dengannya. Sewaktu Kak Puspita masih kecil, awalnya dia tidak tertarik ilmu bela diri. Suatu saat dia diganggu beberapa anak yang lebih besar. Dia berusaha melawan, tetapi tidak bisa karena masih kecil. Dia malah ditertawakan. Sejak itu dia memikirkan cara supaya bisa membela dirinya sendiri. Ketika masuk SMP, ada ekstrakurikuler pencak silat. Dia segera mendaftar. Ternyata belajar silat itu asyik dan seru. Kak Puspita kemudian bergabung di sebuah perguruan silat.

Awalnya Kak Puspita ingin menguasai silat supaya bisa melawan pengganggunya. Dia terpikir untuk suatu saat membalas perbuatan para pengganggunya. Namun, setelah mendalami silat, Kak Puspita jadi mengerti bahwa silat harusnya bukan untuk balas dendam. Silat justru untuk berteman dan melindungi.

Kata Kak Puspita, di dalam gerakan pencak silat terkandung banyak nilai luhur. Misalnya, dalam sikap pasang. Ada beberapa sikap pasang, biasanya dilakukan dengan tangan dalam keadaan terbuka, bukan mengepal. Artinya, silat itu bukan untuk berkelahi atau menyakiti. Kalau ada yang menyerang, hal pertama yang sebaiknya dilakukan adalah menghindar dan menangkis. Kalau dia masih menyerang, barulah kita patahkan gerakannya tanpa melukai.

Untuk Membaca Laporan Wawancara Secara Keseluruhan Silahkan Adik – adik Membuka Buku Bahasa Indonesia Kelas 4 halaman 87, 88 dan 89

Berdiskusi

Diskusikan isi teks Laporan Wawancara “Kuat untuk Melindungi” pada halaman sebelumnya. Berbicaralah dengan suara yang jelas agar pembicaraan kalian dipahami dengan baik. Gunakan pertanyaanpertanyaan di bawah ini sebagai panduan.

1. Judul laporan di atas adalah “Kuat untuk Melindungi”. Menurut kalian, apa makna yang ingin disampaikan penulis dengan judulnya ini?
Jawaban :

Pencak silat itu bukan untuk berkelahi atau menyakiti tetapi untuk melindungi.

2. Apakah kalian setuju bahwa ilmu bela diri bukan untuk berkelahi? Jelaskan jawaban kalian!
Jawaban :

Iya saya setuju. Ilmu bela diri bukan untuk berkelahi tetapi untuk melindungi. Jika ada yang menyerang, hal pertama yang sebaiknya dilakukan adalah menghindar dan menangkis. Jika lawan masih menyerang, barulah kita patahkan gerakannya tanpa melukai.

3. Apa ilmu bela diri yang ingin kalian pelajari? Mengapa?
Jawaban :

Pencak silat, karena banyak manfaatnya. Selain untuk melindungi tubuh menjadi lebih sehat dan bugar, lebih mudah berkonsentrasi, dapat banyak teman, serta menjadi orang yang lebih baik.

4. Kira-kira, apa saja daftar pertanyaan yang diajukan Nurul?
Jawaban :

a. Apa latar belakang Kak Puspita masuk dunia pencak silat?

b. Kapan Kak Puspita mulai masuk dunia pencak silat?

c. Apa motivasi Kak Puspita mendaftar pencak silat?

d. Apa nilai-nilai positif dari pencak silat?

e. Apa manfaat dari pencak silat?

Adik-adik, itulah contoh Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 89 Laporan Wawancara Kuat untuk Melindungi Kurikulum Merdeka. Selamat belajar dan semoga bermanfaat.

Disclaimer: Kunci jawaban ini merupakan panduan bagi orang tua. Siswa bisa bereksplorasi dengan jawaban lain. Jawaban di atas hanyalah contoh dan tidak mutlak. Kontenjempolan.id tidak bertanggung jawab atas kesalahan pada kunci jawaban.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *