5 Amalan Senilai Pahala Haji dan Umroh

kontenjempolan.id-5 Amalan Senilai Pahala Haji dan Umroh. Kali ini kontenjempolan.id akan membahas tentang amalan apa saja yang dinilai seperti pahala haji dan umroh. Semoga Allah memberikan hidayahNya sehingga kita dapat mengamalkan amalan tersebut.

5 Amalan Senilai Pahala Haji dan Umroh

1. Tasbih, Tasmid, dan Takbir Setelah Setiap Shalat Wajib

Dalam Hadist Riwayat Bukhari no. 843, Rasulullah ﷺ berusaha menghibur hati para sahabat yang tidak sanggup untuk menunaikan ibadah haji, lalu beliau menunjukan sebuah amalan yang sebanding dengan amalan haji, umrah dan berjihad.

2. Pergi ke masjid dengan tujuan menuntut ilmu atau mengajarkan ilmu.

Rasulullah ﷺ bersabda: “Siapa yang pergi ke masjid dengan tujuan mempelajari ilmu atau mengajarkannya, dia akan mendapatkan pahala haji yang sempurna.” (HR. Thabrani no. 7473, lihat shahih targhi wa tarhib no. 86).

3️. Pergi ke masjid untuk melaksanakan sholat wajib dalam keadaan bersuci.

“Siapa keluar dari rumahnya dalam keadaan bersuci untuk melaksanakan sholat wajib, dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang berhaji.” (HR. Abu Dawud no. 558, lihat shahih targhib dan tarhib no. 320).

4️. Pergi ke masjid untuk mengerjakan sholat dhuha.

Rasulullah ﷺ bersabda: “Siapa yang keluar dari rumahnya hanya dalam rangka mengerjakan sholat dhuha, maka pahalanya seperti pahala orang yang umrah.” (HR. Abu Dawud no. 558, lihat shahih targhib dan tarhib no. 320).

5️. Sholat shubuh berjamaah kemudian duduk berdzikir sampai terbit matahari, lalu mengerjakan sholat dhuha (isyraq).

Rasulullah ﷺ bersabda: “Siapa yang sholat shubuh berjamaah, kemudian duduk berdzikir kepada Allah sampai terbit matahari, kemudian mengerjakan sholat dua rakaat, dia akan mendapatkan pahala haji dan umrah”. Rasulullah ﷺ bersabda: “sempurna, sempurna, sempurna”. (HR. Tirmidzy no. 586, lihat shahih aljami’ no. 6346).

Wallahu a’lam

📘Disusun Oleh :
Ustadz Muhammad Ihsan حفظه الله

Demikian yang bisa kami sampaikan semoga Allah catat sebagai pahala jariyah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.